Tuesday, June 19 2018 , Selamat datang di website BPR Supra
Laporan GCG

Laporan Pelaksanaan Good Corporate Governance BPR Supra Artapersada

Laporan Pelaksanaan Good Corporate Governance BPR Supra Artapersada 2017 GCG 2017
   
   

 

Mekanisme Pengaduan Nasabah

Untuk kenyamanan dan rasa aman bagi seluruh nasabah, perlu upaya bank dalam memberikan kesempatan kepada nasabah untuk menyampaikan keluhan maupun masalah terkait, sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan yang berlaku.

BPR Supra menyediakan Mekanisme Pengaduan Nasabah agar nasabah dapat menyampaikan pengaduan atau keluhan terkait dengan permasalahan saat melakukan transaksi di BPR Supra.

Tatacara penyampaian pengaduan dapat dilakukan nasabah melalui mekanisme berikut:

  1. Secara lisan baik melalui telepon, termasuk call center atau mendatangi kantor operasional BPR Supra terdekat (Kantor Pusat maupun Kantor Cabang).
  2. Secara tertulis baik melalui surat resmi yang ditujukan ke BPR Supra, Faximile, e-mail atau website BPR Supra. Penyampaian pengaduan dilengkapi dengan bukti identitas dan dokumen pendukung.

Proses penerimaan pengaduan oleh BPR Supra:

  1. Menerima dan melakukan pencatatan pelaporan pengaduan nasabah.
  2. Meminta bukti-bukti pendukung.
  3. Memastikan kebenaran identitas nasabah dan memberitahukan pada nasabah proses penyelesaian pengaduan.
  4. Menindaklanjuti keluhan nasabah dengan mengidentifikasi penyebab dan akar permasalahannya dan segera menyampaikan kesimpulan serta jalan penyelesaiannya kepada nasabah.

Berikut syarat pengaduan nasabah.

Langkah-langkah nasabah dalam pengajuan secara tertulis di Kantor Pusat/Kantor Cabang.

Langkah-langkah pengajuan pengaduan secara lisan tanpa tatap muka melalui Call Center BPR Supra kantor pusat atau kantor cabang.

 

 

Merger
PENGUMUMAN HASIL MERGER
 
Dengan ini diumumkan kepada seluruh Nasabah dan Pemangku Kepentingan (stakeholders) bahwa PT BPR Supra Wahana Arta telah efektif menggabungkan diri (merger) ke dalam PT BPR Supra Artapersada sesuai Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP-37/D.03/2018 tanggal 05 Maret 2018. Sehubungan dengan penggabungan tersebut, maka dapat Kami sampaikan sebagai berikut :
 
1. Kegiatan Operasional PT BPR Supra Artapersada
 
Tidak ada perubahan pada seluruh kegiatan operasional, produk dan pelayanan kepada seluruh nasabah PT BPR Supra Artapersada. Seluruh aktifitas tetap berjalan dengan normal.
 
2. Penggabungan (merger) PT BPR Supra Wahana Arta ke PT BPR Supra Artapersada
 
PT BPR Supra Wahana Arta, selaku perusahaan yang menggabungkan diri ke PT BPR Supra Artapersada, telah menjadi satu dengan PT BPR Supra Artapersada sebagai Bank Perkreditan Rakyat ("BPR") hasil penggabungan (merger).
Dengan efektifnya penggabungan maka seluruh hak dan kewajiban PT BPR Supra Wahana Arta beralih karena hukum kepada PT BPR Supra Artapersada hasil penggabungan usaha (merger) dan PT BPR Supra Wahana Arta berakhir karena hukum terhitung sejak penggabungan usaha (merger) mulai berlaku.
Status kantor - kantor PT BPR Supra Wahana Arta menjadi kantor cabang PT BPR Supra Artapersada hasil penggabungan usaha (merger).
PT BPR Supra Artapersada selaku Perusahaan yang menerima penggabungan akan melakukan standarisasi sistem dan prosedur terkait seluruh kegiatan operasional secara bertahap.
 
3. Masa Peralihan Atribut Operasional eks. PT BPR Supra Wahana Arta
Akan dilakukan penyesuaian terhadap seluruh atribut operasional yang menyangkut eks.PT BPR Supra Wahana Arta secara bertahap. Selama masa peralihan penyesuaian perubahan atribut operasional, maka seluruh kegiatan yang berkaitan dengan hukum, surat, formulir, dokumen, perjanjian/kontrak, baik dengan nasabah maupun dengan mitra usaha, dokumentasi lainnya, dan properti lainnya yang masih menggunakan nama ataupun logo eks. PT BPR Supra Wahana Arta dinyatakan masih tetap berlaku.
Selanjutnya seluruh administrasi, surat-surat dan dokumen-dokumen terkait kegiatan operasional perbankan, akan disesuaikan mengacu pada peraturan yang berlaku.
 
4. Penggabungan sistem (IT Merger)
 
Sebagai tahap proses merger, selanjutnya akan dilakukan penggabungan sistem (IT Merger) pada hari Jumat, tgl 06 April 2018. Setelah penggabungan sistem (IT Merger) nomor rekening nasabah di eks. PT BPR Supra Wahana Arta akan berubah.
Seluruh nasabah eks. PT BPR Supra Wahana Arta dihimbau untuk mendatangi kantor dimana rekening dibuka untuk melakukan pengkinian data dan penerimaan nomor rekening baru.
 
5. Fasilitas, Manfaat dan Fitur Produk dan Layanan eks. PT BPR Supra Wahana Arta
 
Segala fasilitas, manfaat dan fitur serta syarat dan ketentuan lainnya yang saat ini berlaku terkait dengan layanan perbankan tidak mengalami perubahan sampai dengan pemberitahuan selanjutnya.
Seiring dengan proses penggabungan, nasabah eks. PT BPR Supra Wahana Arta yang secara otomatis menjadi nasabah PT BPR Supra Artapersada akan mendapatkan fasilitas, manfaat dan seluruh fitur produk dan layanan yang seperti Layanan ATM, Layanan Internet Banking, Layanan Mobile Banking.
Seluruh nasabah eks. PT BPR Supra Wahana Arta dihimbau untuk mendatangi kantor dimana rekening dibuka untuk mendapatkan produk dan pelayanan diatas.
Manajemen juga membuka layanan konsumen kepada nasabah eks. PT BPR Supra Wahana Arta dan dapat menghubungi Call Center BPR Supra di nomor 0266-237070.
 
 
Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan seluruh Nasabah dan para Pemangku Kepentingan selama ini, semoga penggabungan ini akan dapat meningkatkan kinerja Perseroan dan mendukung perkembangan usaha serta jaringan pelayanan PT BPR Supra Artapersada kepada seluruh Nasabahnya. 
PT. BPR Supra Artapersada

Bank Perkreditan Rakyat yang biasa disingkat dengan BPR adalah salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan pengusaha mikro, kecil dan menengah dengan lokasi yang pada umumnya dekat dengan tempat masyarakat yang membutuhkan.

BPR merupakan lembaga perbankan resmi yang diatur berdasarkan Undang-Undang No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan dan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 10 tahun 1998.

PT. BPR Supra Artapersada berdiri berdasarkan akta pendirian tanggal 25 Juni 1992 akta tersebut telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia tertanggal 26 Oktober 1992 dengan nomor C2-8834 HT.01.01.Th 92 dan mulai beroperasi tanggal 17 Juli 1993 sesuai dengan izin usaha Bank Perkreditan Rakyat dari Menteri Keuangan dengan keputusan No.Kep.110/KM.17/1993 tanggal 03 Juni 1993. Untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang No. 40 tahun 2007 tanggal 16 Agustus 2007 tentang Perseroan Terbatas, Anggaran Dasar PT. BPR Supra Artapersada telah dilakukan penyesuaian. Penyesuaian tersebut dinyatakan dalam Akta No. 63 tanggal 30 Mei 2009 dan telah mendapat persetujuan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, dengan Surat Keputusan No. AHU-55125.AH.01.02.Tahun 2009.

PT BPR Supra Artapersada dikenal dengan BPR Supra merupakan salah satu BPR di Indonesia yang mempunyai predikat sangat bagus, siap melayani masyarakat dengan berbagai produk dan layanan perbankan. Dengan fungsi pokok menghimpun dan menyalurkan dana, BPR Supra memfokuskan usaha pada layanan kredit mikro dan masyarakat lebih mengenal dengan layanan Kredit Cepat Satu Jam Cair-nya.

Keamanan dan kenyamanan adalah prioritas utama BPR Supra dalam menjaga investasi dari masyarakat, dengan menjadi anggota Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), masyarakat tidak perlu takut untuk berinvestasi di BPR Supra.

Selain menjadi anggota LPS, BPR Supra terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga pengawas industri keuangan terpercaya di Indonesia. 

Saat ini PT. BPR Supra Artapersada telah memiliki jaringan 1 Kantor Pusat Non Operasional, 1 Kantor Pusat Operasional, 14 Jaringan Kantor Cabang dan 4 Jaringan Kantor Kas yang tersebar di wilayah Sukabumi, Cianjur, Bandung dan Bogor.

Struktur Organisasi

PT. BPR Supra Artapersada



Teknologi Informasi
Dalam rangka proses konsolidasi dan menghadapi era teknologi yang semakin maju dibidang perbankan serta memberikan pelayanan yang berbasis teknologi yang lebih baik dan cepat kepada nasabah. Bagian Teknologi Informasi telah menyelesaikan Supra Banking System sebagai langkah awal penyempurnaan sistem teknologi informasi BPR Supra Artapersada, selanjutnya melakukan langkah – langkah sebagai berikut :
  • Menyempurnakan Management Information System ( MIS ) yang mencakup informasi tentang kebijakan yang telah ditetapkan dan dapat memberikan laporan yang cepat, tepat, dan akurat kepada manajemen dalam rangka pengambilan keputusan.
  • Penyempurnaan system teknologi informasi melalui sentralisasi data dan Backup dan Disaster Recovery
  • Pengembangan Jaringan melalui radio link guna menunjang on line system
  • Peningkatan dan pelaksanaan program maintenance dan hardware secara teratur
  • Terus melaksanakan penyempurnaan dan pengembangan produk perbankan yang berbasis teknologi system informasi
Visi dan Misi

VISI

Menjadi BPR terbaik dan terpercaya di Jawa Barat dalam melayani kebutuhan ekonomi masyarakat yang berbasis teknologi.

MISI

  • Membangun kerjasama dengan BPR dalam pembiayaan kebutuhan masyarakat.
  • Menyediakan solusi dan layanan jasa keuangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, nasabah individu dan korporasi.
  • Memberikaan akses layanan keuangan yang prima untuk mendukung pertumbuhan UMKM.
  • Memperluas jaringan cabang dan meningkatkan infrastuktur teknologi.
  • Membangun kapasitas dan keterlibatan SDM dengan mengutamakan kejujuran, integritas dan etika.
  • Mengutamakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan seluruh mitra dan stakeholders.
  • Senantiasa berinovasi menciptakan produk dan layanan yang dibutuhkan masyarakat.
  • Selalu menerapkan prinsip kehati - hatian dalam menjalankan kegiatan usaha.

NILAI
 
CERDAS
: Cepat, Efektif, Ramah, Disiplin, Akrab & berSahabat

Sedangkan untuk mencapai visi dan misi di atas BPR Supra  menerbitkan pada nilai-nilai TACTICS yaitu: T (Truth = kejujuran), A (Active = aktif), C (Confidence  = percaya diri), T (Time = waktu), I (Initiative = inisiatif), C ( Communication = komunikasi), S (Science = ilmu pengetahuan).

Komisaris, Direksi dan Pejabat Eksekutif

Yusuf Hamdani lahir di Sukabumi, 04 September 1941. Menjabat sebagai Komisaris Utama PT. BPR Supra Artapersada dari Tahun 1993 sampai sekarang.  Saat ini juga menjabat Komisaris di berbagai Perusahaan seperti PT. Supra Securinvest , PT. Agung Wahana Indonesia.


Budi Thambunanto Lahir di Jakarta, 19 April 1948. Menjabat sebagai Komisaris PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 1993 hingga sekarang.

 

Hasan Basrie S. Lago lahir di Jakarta tanggal 07 Oktober 1957. Menjabat sebagai Komisaris PT. BPR Supra Artapersada sejak Desember 2013 hingga sekarang. Menyelesaikan Program Sarjana Manajemen Jurusan Manajemen Perusahaan di Universitas Krisnadwipayana dan Program Magister Ekonomi Jurusan Studi Pembangunan Perencanaan Pembangunan & Wilayah Pedesaan di Universitas Sumatra Utara. Pernah bekerja sebagai Internal Auditor dan Pengawas Bank Umum baik di kantor pusat maupun di kantor-kantor Bank Indonesia.


Andi Gunawan, S.H., M.Kn. Lahir di Purwokwerto 25 Juni 1962, menjabat sebagai Direktur Utama PT. BPR Supra Artapersada sejak Tahun 1993 hingga sekarang. Menyelesaikan Program Pendidikan Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan Program Pendidikan Magister di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung. Pernah bekerja di PT. Natin Bank Jakarta  dan PT. Supra Mitra Makmur Perkasa sebagai General Manager. Saat ini menjadi Ketua DPD Perbarindo (Perhimpunan Bank Perkreditan Indonesia) Jawa Barat.


Wianto Wirianta Lahir di Tanjung Pura, 15 Januari 1962  menyelesaikan program pendidikan Sarjana di Fakultas Ekonomi STIE Darma Agung Bandung.  Mulai Berkarir di PT. BPR Supra Artapersada tahun 1993, menjabat sebagai Direktur Operasional sejak tahun 1998 hingga sekarang.


Adrian Kurnia Khoe. Lahir di Jakarta 31 Mei 1964, menjabat sebagai Direktur Bisnis PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 2014 hingga sekarang. Menyelesaikan Program Sarjana Manajemen Informatika di Sekolah Tinggi Manajemen & Informatika "BUDI LUHUR" Jakarta. Pernah bekerja sebagai Vice President Director di Bank Jasa Jakarta dari tahun 2003-2004 dan President Director di Bank Capital Indonesia dari tahun 2004-2006 serta Area Marketing Manager dan Business Unit Head di PT. WOM Finance dan General Manager di PT. Sasana Artha Finance.


Jeffry Thambunanto. Lahir di Jakarta 28 Agustus 1981, menyelesaikan program pendidikan Chemical Enginering di National University of Singapore. Pernah menjabat sebagai Corporate Banking di PT. Bank Maybank Indonesia (2010-2015), Multifinance Manager di PT. Bank Andara (2015-2017), dan saat ini menjabat sebagai General Manager di PT. BPR Supra Artapersada.


Rida Irmariani, S.E., M.M. Lahir di Padalarang  18 Maret 1974. Menyelesaikan program Magister Manajemen di Institut Pertanian Bogor (IPB). Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 1997.  Saat ini menjabat sebagai Corporate Secretary.


H. Ahmad Hidayat. Lahir di Jakarta 29 April 1958. Mengawali karir di Duta Theater (1980-1982). Menjalani karir sebagai programmer di PT. Bank Central Dagang (1982-1987) kemudian di PT. Bank Umum Nasional (1987-1989), sebagai implementor di PT. Bank Rajawali, PT. Bank Putra Surya Perkasa, PT. Bank Haga (1989-1990). Menjabat sebagai programmer untuk PT. Bank Natin (1990-1992), PT. Bank Continental (1992-1995), PT. Bank Dana Asia (1995-1999). Selanjutnya menjabat sebagai Kepala Bagian IT di PT. BPPN (1999). Kembali menjabat sebagai implementor di PT. BPR Langgeng Lestari Bersama (1999-2000), di PT. Mantra Global Consultant dan PT. BPD Sulsel (2001-2003). Memulai karir di PT. BPR Supra Artapersada sebagai implementor (2003-2008), dan menjabat sebagai Kepala Bagian IT pada tahun 2008 hingga sekarang.


Fitri Verawati, S.E., M.M. Lahir di Sukabumi 4 September 1975. Menyelesaikan program Magister Manajemen di Universitas Suryadarma, Jakarta. Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 1994. Pernah menjabat sebagai Pemimpin Cabang (2009-2013), menjabat sebagai Kepala Bagian Elektronik Banking & Business Development  pada tahun 2013 hingga sekarang.


Hetty Suciaty, S.E., M.M. Lahir di Sukabumi 8 September 1970,menyelesaikan program pendidikan Magister Manajemen di Universitas Suryadarma, Jakarta. Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 1995. Pernah menjabat sebagai kepala bagian Internal Audit (2013-2017) dan saat ini menjabat sebagai kepala bagian SDM.


Mona Sofiana, S.E., M.M. Lahir di Sukabumi 17 Februari 1978. Menyelesaikan program pendidikan Magister Manajemen di STIE IPWIJA, Jakarta. Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak tahun 1996. Pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Internal Audit (2006-2013),  menjabat sebagai Kepala Bagian SDM (2013-2017) dan saat ini menjabat sebagai kepala bagian Manajemen Resiko dan APU PPT.


Teti Herawati, SE, MM. Lahir di Sukabumi 20 Juni 1973, menyelesaikan Program Pendidikan Magister Manajemen di Universitas Unsurya Jakarta. Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 1993. Pernah menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Cipanas (tahun 2011-2013), menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Cicurug (tahun 2013-2017) dan saat ini menjabat sebagai kepala bagian Kepatuhan.


Laura Sagita Sukmawati, S.E. Lahir di Sukabumi, 30 November 1984, menyelesaikan program pendidikan sarjana di STIE Pasim Sukabumi, mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 2003 dan saat ini menjabat sebagai kepala bagian Internal Audit BPR Supra Artapersada.


Hardian Wirachaya, S.E., M.M. Lahir di Bogor 10 November 1978, menyelesaikan Program Pendidikan Magister  Manajemen di Universitas Suryadarma  Jakarta.  Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak tahun 2004. Pernah menjabat sebagai pemimpin cabang Cianjur (tahun 2011-2014), dan menjabat sebagai Pemimpin Kantor Pusat Operasional tahun 2014 hingga sekarang.


Rijqi Nairil Fiqri, S.E. Lahir di Sukabumi 22 Juni 1986, Menyelesaikan Program Pendidikan Sarjana di STIE PASIM Sukabumi. Mulai berkarir di  BPR Supra Artapersada sejak tahun 2005, menjabat sebagai pemimpin  cabang Ciranjang sejak tahun 2015-2016, menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Cibeber tahun 2017 dan menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Sukabumi tahun 2018.


Ika Agustine Tagor, S.E., M.M. Lahir di Sukabumi, 20 Agustus 1977, menyelesaikan program pendidikan Magister Manajemen di Universitas Unsurya, Jakarta. Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak tahun 1999, staff Direksi pada tahun 2014, menjabat sebagai pemimpin cabang Cipanas 2015-2016, menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Cianjur pada tahun 2016 hingga sekarang.


Irma Rismawati Nurliani, S.E. Lahir di Sukabumi, 18 September 1979, menyelesaikan program pendidikan Sarjana di STIE PASIM, Sukabumi. Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak tahun 2000, saat ini menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Cicurug.


Sri Hartoko Basuki, S.E., M.M. Lahir di Sukabumi tanggal 14 April 1971, menyelesaikan Program Pendidikan Magister Manajemen di Universitas Suryadarma Jakarta. Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak  tahun 1996, pernah menjabat sebagai pemimpin cabang Sukabumi, menjabat sebagai pemimpin  cabang Cianjur (tahun 2014 - 2016), dan menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Cipanas tahun 2016  hingga sekarang.


Rahmat Nasution, S.H. Lahir di Panyabungan 20 November 1980. Menyelesaikan program pendidikan sarjana Ilmu Hukum di Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak tahun 2007. Saat ini menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Bandung.


Irwan Sumarna, S.E. Lahir di Sukabumi, 19 Maret 1986, menyelesaikan program pendidikan Sarjana di STIE PGRI, Sukabumi. Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak tahun 2005, saat ini menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Ciranjang.


Liyanna, S.E. Lahir di Bandung 03 November 1977, menyelesaikan Program Pendidikan Sarjana di Universitas Parahyangan Bandung, Mulai berkarir di BPR Supra Artapersada sejak  tahun 2009, menjabat sebagai pemimpin cabang Cimahi pada tahun 2015 hingga sekarang.


David, S.E. Lahir di Garut  26 November 1978, Menyelesaikan Program Pendidikan Sarjana  di  Universitas Maranatha Bandung. Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 2008, Pernah menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Bandung (tahun 2013-2014), menjabat sebagai pemimpin cabang  Purwakarta tahun 2015 hingga sekarang.


Johan Rizki Gunawan S.E., Lahir di Jakarta 11 April 1984, Menyelesaikan Program Pendidikan Sarjana di STIE PGRI, Sukabumi. Mulai berkarir di  BPR Supra Artapersada sejak tahun 2009, menjabat sebagai pemimpin PT BPR Supra Artapersada kantor cabang Cibeber tahun 2018.


Ai Suryani, S.E. Lahir di Bandung 11 Mei 1973. Menyelesaikan Program Pendidikan Sarjana Ekonomi di Fakultas Ekonomi STIE PASIM Sukabumi. Mulai berkarir di PT.  BPR Supra Artapersada sejak tahun 1993,  menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Palabuhanratu tahun 2013 hingga sekarang.


Eneng Nuraeni, S.E., M.M.Lahir di Cianjur 17 Februari 1982. Menyelesaikan Program Pendidikan Magister Manajemen di Universitas Suryadarma Jakarta. Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada pada tahun 2003, menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Cibeber (tahun 2013-2015),  menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Sukanagara tahun 2015 hingga sekarang.


Deni. Lahir di Sukabumi 28 Agustus 1982. Menyelesaikan program pendidikan sarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada pada tahun 2009. Saat ini menjabat sebagai Pemimpin Cabang PT. BPR Supra Artapersada Kantor Cabang Cibadak.


Linda Berniawati, S.E., M.M. Lahir di Sukabumi 9 Oktober 1976, menyelesaikan program Magister Manajemen di Universitas Suryadarma, Jakarta. Mulai berkarir di PT. BPR Supra Artapersada sejak tahun 1996. Sekarang menjabat sebagai pemimpin kantor cabang Bogor.


Abdur Razaq, S.H. Lahir di Cianjur 5 Juni 1980. Menyelesaikan program pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Suryakencana, Cianjur. Mulai berkarir di PT BPR Supra Artapersada sejak tahun 2003. Menjabat sebagai pemimpin cabang Cibinong hingga sekarang.

Top